RESEP CARA MEMBUAT KIMCHI

Hendrik Ssi | Sabtu, Juni 07, 2014 | 0 comments

Bagi yang suka nonton serial drama Korea pasti tidak asing lagi dengan Kimchi. Kimchi adalah makanan yang selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain.

Kimchi dibuat dari beraneka ragam bahan sesuai dengan jenis kimchi dan selera orang yang membuatnya. Kimchi yang paling dikenal di luar Korea adalah baechu kimchi yang dibuat dari sawi putih (배추, baechu) dan lobak (무, mu) dicampur bawang putih (마늘, maneul), cabai merah (빨간고추, ppalgangochu), daun bawang (파, pa), cumi-cumi (오징어 ojingeo), tiram (굴, gul) atau makanan laut lain, jahe (생강, saenggang), garam (소금, sogeum), dan gula (설탕, seoltang).

Jika anda penasaran dengan kimchi yang disebut sebagai salah satu dari lima "makanan tersehat di dunia" menurut majalah Health Magazine, anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Bahan bahan:

- Satu buah sawi putih besar
- ½ batang lobak putih, iris memanjang dan tipis
- 4 batang daun bawang iris iris
- 4 siung bawang putih, haluskan
- 1 ruas jahe, haluskan
- 6 sdm bubuk cabe Korea atau bubuk cabe biasa juga bisa
- 2 sdt garam
- 1 sdm gula
- ½ gelas garam laut kasar (butirannya besar)
- Air secukupnya
- 2 sdm saus ikan Korea atau saus ikan biasa juga bisa

Cara membuat Kimchi

- Cuci sawi hingga bersih sekali sampai ke lembaran paling dalam sawi, tanpa dipotong dan biarkan utuh seperti itu.
- Tuangkan ½ gelas garam laut dengan air ke dalam wadah, lalu rendam sawi dalam larutan air tersebut hingga 6 jam.
- Setelah direndam, cuci lagi sawi hingga bersih sampai lipatan terdalamnya dan jika ingin, bisa dipotong menjadi dua bagian.
- Campurkan gula, bubuk cabai, jahe, bawang bawangan, daun bawang, lobak, saus ikan, dan sedikit garam. Balurkan kesemua bahan tersebut dengan merata pada sawi hingga ke sela sela terdalamnya sambil agak diremas agar sawi meresap bumbunya.
- Taruh di dalam wadah tertutup dan rapat atau kedap udara (lebih bagus jika menggunakan toples kaca) lalu diamkan selama dua hari, agar bumbu meresap pada sawinya.
- Setelah didiamkan dua hari, Kimchi sudah bisa disantap.

sumber >wikipedia dan caragini.blogspot

Category: ,

Bandungwae:
Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel di http://bandung-wae.blogspot.com - Silakan memberikan komentar Anda sesuai dengan artikel di atas. terima kasih!

Share this article with your friends.

0 comments