NANGKA BISA JADI PENGGANTI BERAS

Hendrik Ssi | Senin, Juni 23, 2014 | 0 comments

Para peneliti di India mengatakan, bahwa nagka yang mempunyai nama latin Artocarpus heterophyllus bisa menjadi pengganti gandum, beras, jagung, dan berbagai bahan makanan lain yang terancam akibat perubahan iklim.

“Ini sebuah mujizat. Nangka bisa menyediakan banyak kalori dan nutrisi, segalanya,” kata Shyamala Reddy, peneliti bioteknologi di Universitas Ilmu Pertanian, di Banglore, India.

“Jika Anda memakan 10 sampai 12 daging biji nangka, Anda tidak perlu makan lagi selama setengah hari,” imbuh dia.

Tetapi, dia menambahkan, nangka yang diketahui banyak mengandung potasium, kalsium, dan zat besi, belum banyak dibudidayakan untuk menjadi bahan makanan pokok.

“Nangka bisa tumbuh dengan mudah. Tumbuhan itu tahan terhadap penyakit, hama, dan suhu tinggi. Nangka bisa menjadi jawaban bagi para petani soal produksi pangan ketika banyak tantangan akibat perubahan iklim,” kata Nierenberg. Hanya Sri Lanka dan Vietnam yang sudah menjadikan nangka komoditas industri. Di kedua negara itu nangka dimodifikasi menjadi tepung, mie, papad, dan es krim. Nangka juga dijadikan makanan kaleng dan diekspor.

sumber :pikiran rakyat

Category: ,

Bandungwae:
Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel di http://bandung-wae.blogspot.com - Silakan memberikan komentar Anda sesuai dengan artikel di atas. terima kasih!

Share this article with your friends.

0 comments