IKON KOTA BANDUNG

Hendrik Ssi | Minggu, Maret 14, 2010 | 0 comments

Gedung Sate, dengan ciri khasnya berupa ornamen tusuk sate pada menara sentralnya, telah lama menjadi Ikon Kota Bandung yang tidak saja dikenal masyarakat di Jawa Barat namun juga seluruh Indonesia bahkan model bangunan itu dijadikan pertanda bagi beberapa bangunan dan tanda-tanda kota di Jawa Barat. Misalnya bentuk gedung bagian depan Stasiun Kereta Api Tasikmalaya. Mulai dibangun tahun 1920, gedung berwarna putih ini masih berdiri kokoh namun anggun dan kini berfungsi sebagai gedung pusat pemerintahan Jawa Barat.

Jembatan Pasupati adalah sebuah jembatan yang menghubungkan bagian utara dan timur Bandung melewati lembah Cikapundung. Panjangnya 2,8 km dan lebarnya 30-60 m.

Dan diberi nama Jembatan Pasaupati karena jembatan ini menghubungkan dua jalan yaitu Jl. Pasteur dan Jl. Surapati. Jembatan ini kini mulai banyak dikenal oleh masyarakat luar Bandung, Sehingga layak untuk menjadi Ikon baru kota bandung selain gedung sate.

Pembangunan jembatan ini dibiayai melalu hibah dana dari pemerintah Kuwait. Setelah sempat beberapa tahun tidak terlaksana, akhirnya, pada 26 Juni 2005, uji coba pertama sudah dilakukan.




Category: , ,

Bandungwae:
Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel di http://bandung-wae.blogspot.com - Silakan memberikan komentar Anda sesuai dengan artikel di atas. terima kasih!

Share this article with your friends.

0 comments